High-Speed Downlink Packet Access - HSDPA

High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA) adalah sebuah protokol telepon genggam yang sering disebut sebagai teknologi 3,5G.

HSDPA berkembang cukup pesat. pada tahap awal kapasitasnya mencapai 4,1 Mbps. pada tahap kedua kapasitasnya naik hingga mencapai 11 Mbps dan kapasitas maksimal downlink peak data rate hingga mencapai 14 Mbit/s. Teknologi ini dikembangkan dari WCDMA sama seperti EV-DO yang mengembangkan CDMA2000. HSDPA menyajikan konteks baru untuk jaringan Universal Mobile Telecommunications System (UMTS) sebuah evolusi komunikasi yang memungkinkan untuk penggunaan kapasitas data sampai 14,4 Mbit/detik.

Sampai saat ini penggunaan teknologi HSDPA masih sebatas komunikasi arah bawah menuju telepon genggam. Kecepatan download data
di lingkungan perumahan kurang lebih berkecepatan 3,7 Mbps.
Sementara dalam keadaan bergerak dengan kecepatan kurang lebih 100 km/jam kita dapat mengakses internet dengan kecepatan 1,2 Mbps.
Di lingkungan yang padat pengguna seperti perkantoran dan tempat umum seperti mall dll kita dapat mengakses data dengan perkiraan kecepatan sekitar 300 Kbps.

Kelebihan dari HSDPA sendiri adalah mengurangi tertundanya pengambilan data (delay) dan memberikan umpan balik yang lebih cepat saat pengguna menggunakan aplikasi seperti mobile office atau akses Internet kecepatan tinggi seperti bermain game atau audio dan video. HSDPA mampu meningkatkan kapasitas sistim tanpa memerlukan spektrum frekuenstambahan. pengaruhnya cukup besar dalam mengurangi biaya layanan mobile data secara signifikan.
jadi pengguna jaringan telekomunikasi mobile tak perlu takut biaya akses data membengkak.jadi pengguna jaringan telekomunikasi mobile tak perlu takut biaya akses data akan membengkak.